Minggu, 25 Desember 2016

Percobaan Flip - Flop Cascading

Hai teman-teman... Kesempatan kali ini Saya akan sedikit adakan percobaan dengan rangkaian elektronika sederhana yang dimana Saya pertama kali mengenal dunia elektronika, sekaligus nostalgia mengenang masa-masa indah saat SMP, heheeeee.....

TENTANG FLIP-FLOP
Flip-Flop, yaaaa... rangkaian sederhana yang menampilkan lampu/led kedip-kedip bergantian (mungkin karena itu rangkaian ini diberi nama flip/hidup dan flop/mati). Sebenarnya fungsi dari flip-flop sendiri tidak hanya sebatas itu saja. Bisa sebagai pembangkit pulse atau clock, alarm, inverter dan lain-lain sesuai kreatifitas Kita.

Kesempatan kali ini Saya akan sedikit lakukan modifikasi pada rangkaian flip-flop yang tadinya hanya dapat membuat dua led berkedip bergantian menjadi tiga atau empat led bergantian. Kira-kira seperti apa ya hasilnya ????? Simak terus ya...!!!

RANGKAIAN DAN KOMPONEN :
Berikut Rangkaian dasar beserta komponen dari Flip-Flop.
Basic Flip-Flop
 
Rangkaian flip-flop terdiri dari dua bagian (anggap saja gambar diatas dibelah/dibagi dua) kanan dan kiri. Masing-masing memiliki komponen dan hubungan yang sama, hanya ada perbedaan pada kaki Basis transistor kiri dihubungkan ke rangkaian kanan dan kaki Basis transistor kanan dihubungkan ke rangkaian kiri (lihat bagian jalur yang terlihat menyilang).

Naaahhhh dari dasar itu akan Kita coba menambah atau menggandakan rangkaian tersebut. Mari simak apa yang akan terjadi...!!! Lihat sketsa / rekayasa di bawah ini.!
Flip-Flop Cascade
Dari gambar di atas terlihat persamaan sekaligus perbedaannya kan, heheeee... Basis transistor kanan dihubungkan ke rangkaian kiri, kemudian kaki Basis transistor kiri dihubungkan ke rangkaian kirinya lagi, dan seterusnya sekuat rasa penasaran Kamu. Yang harus diperhatikan, jangan lupa menyambung kaki Basis transistor paling kiri dihubungkan ke rangkaian paling kanan.

Selamat mencoba...!!!

Jangan lupa share, kritik dan sarannya supaya Saya dapat menyajikan artikel yang lebih baik dan bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar